Tips Usaha Dan Ide Usaha Kuliner

Spread the love

Bila berbicara mengenai usaha dengan modal yang kecil terutama kuliner tentu saja ada banyak pilihannya. Kendati modal yang dikeluarkan tidak terlalu banyak tentunya menjalankan usaha ini tidak semudah yang dibayangkan. Beberapa hal yang bisa kalian alami seperti sepinya pelanggan, persediaan bahan baku yang tidak habis, makanan yang sebentar lagi basi dan masih banyak lainnya.

Tips Memulai Usaha

Hal semacam itu tentunya bisa dialami oleh siapa saja yang sedang menjalankan usaha kuliner. Akan tetapi bagi kalian para pemula atau orang awam bisa memulai usaha tersebut dengan usaha yang tidak terlalu besar alias kecil terlebih dahulu. Kira-kira modal yang bisa kalian keluarkan untuk usaha tersebut sebanyak 2 hingga 5 juta saja. Kemudian untuk kalian yang akan terjun ke usaha kuliner ini dan bingung bagaimana cara memulainya, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kalian coba lakukan.

  • Berani

Tips yang pertama tentu saja kalian harus berani, seperti yang kalian ketahui jika usaha ini sudah banyak pesaingnya. Jangan memikirkan terlalu jauh tentang bagaimana nasib usaha kalian ke depan entah bertahan ataupun gulung tikar. Setidaknya dengan berani kalian sudah memulai langkah awal untuk menjalankan usaha tadi. Kalaupun gagal tentunya bukan menjadi suatu masalah yang besar. Nantinya dengan kegagalan itu kalian bisa belajar untuk ke depannya agar lebih baik lagi.

  • Modal

Hal lain yang perlu kalian perhatikan yaitu masalah modal dimana kalian harus menghitung berapa biaya yang harus kalian keluarkan. Dengan begitu kalian bisa menilai apakah modal yang kalian miliki cukup atau kurang. Salah satu alternatif jika modal yang kalian miliki kurang maka bisa mengajak teman ataupun keluarga untuk bergabung dan membangun usaha bersama. Dengan begitu kekurangan modal tadi bisa tertutupi.

  • Lokasi Berjualan

Selain masalah keberanian dan modal tentunya ada hal lain yang juga harus kalian perhatikan yaitu lokasi berjualan. Dimana lokasi ini berpengaruh terhadap ramai dan sepinya para pengunjung yang datang. Ada baiknya pilih lokasi strategis dan disesuaikan dengan jenis makanan yang kalian jual nantinya. Jika makanan yang kalian jual semacam jajanan maka sebaiknya pilih lokasi dekat sekolahan dan tempat keramaian lainnya.

  • Menu Dan Inovasi

Kemudian jangan lupa untuk membuat menu makanan yang akan dijual. Selain itu dari menu tadi jangan lupa buat inovasi karena dengan inovasi tersebut tentu akan membuat usaha kalian terlihat berbeda dari usaha yang lain. Inovasi tersebut bisa berupa bentuk, warna dan juga rasa makanan yang dijual.

Referensi Usaha Kuliner Modal Kecil

Jadi itulah beberapa tips yang bisa kalian lakukan ketika bingung memulai usaha. Selain langkah-langkah tersebut tentunya kalian juga butuh rekomendasi apa saja usaha kuliner dengan modal yang tidak terlalu besar. Adapun beberapa jenis usaha yang bisa kalian pilih adalah sebagai berikut ini.

  • Angkringan

Salah satu usaha kuliner yang membutuhkan modal kecil yaitu angkringan dimana angkringan ini menyajikan beragam menu makananĀ  dalam porsi kecil. Terdapat beberapa makanan khas yang bisa kalian temukan di angkringan seperti nasi kucing, sate kerang, telur, usus dan aneka gorengan lainnya. Kemudian untuk minuman maka ada salah satu yang paling khas di angkringan yaitu susu jahe. Untuk memulai usaha ini kalian memerlukan gerobak saja untuk tempat usaha dan karena makanan yang dihidangkan sederhana maka biayanya tidak terlalu besar.

  • Gorengan

Siapa disini yang tidak menyukai gorengan karena hampir semuanya pasti menyukai gorengan dan pernah memakannya. Dimana gorengan ini merupakan kuliner yang cukup populer dan bisa dengan mudah kalian temukan. Meskipun banyak persaingan namun tidak ada salahnya kalian untuk mencoba. Sebaiknya buat rasa gorengan yang enak dan dengan harga yang tidak terlalu mahal. Dengan begitu tentu akan memikat hati para konsumen dan siapa tahu nantinya mereka akan datang kembali kesana.

  • Gado-gado

Untuk kuliner selanjutnya kalian bisa menjual gado-gado dimana usaha ini cukup menjanjikan namun modalnya tidak terlalu banyak. Semua bahan yang digunakan bisa kalian kukus terlebih dahulu dan cukup membawa bumbu dan tempat makan ketika berjualan. Resiko dari menjual gado-gado ini yaitu sayuran akan cepat basi karena dikukus tadi. Maka dari itu pada awal berjualan cukup buat sedikit porsi saja sembari mencari pelanggan. Baru setelah pelanggan bertambah kalian menambahkan jumlah porsi menjadi lebih banyak. Jika kalian ingin lebih laku lagi maka bisa mengeluarkan modal sedikit lebih banyak untuk menyewa tempat di dekat lokasi perkantoran atau lainnya.

  • Frozen Food

Bagi ibu rumah tangga yang tidak ingin repot maka usaha selanjutnya yaitu frozen food. Dimana makanan yang satu ini memang sedang banyak diminati karena mudah untuk dimasak. Kalian cukup menyetok barang di rumah saja dan iklankan usaha kalian melalui sosial media dan lainnya. Dengan begitu orang-orang akan mengetahui kalian menjual frozen food di rumah.